Senin, 12 Oktober 2015

Kalibrasi Termometer



Kalibrasi Termometer

Pada termometer alkohol dan termometer air raksa perubahan terjadi berdasarkan sifat pemuaian bahannya ketika temperature berubah. Kalibrasi termometer adalah proses membuat skala pada sebuah termometer. Berikut ini beberapa langkah melakukan kalibrasi termometer.
1.      Siapkan termometer, baik termometer air raksa dan juga termometer alkohol.
2.      Siapkan es dan air secukupnya.
3.      Siapkan sebuah pemanas air yang bisa digunakan untuk memanaskan air hingga mendidih.
4.      Didihkan air lalu masukkan termometer ke dalam wadah yang berisi air yang sedang dipanaskan. Ketika air semakin panas atau suhu air meningkat, permukaan air raksa atau alkohol bergerak keatas. Setelah air mendidih, permukaan atas alkohol atau air raksa berhenti bergerak. Ini adalah temperatur titik didih air atau titik uap. Tandai ujung kolom air raksa atau alkohol tersebut. Pastikan angka pada termometer menunjukkan 100o C.
 

 Gambar 1. Cara Kalibrasi Termometer

5.     Masukkan es dan air ke dalam sebuah wadah (air dan es mempunyai massa yang sama). Setelah itu, masukkan termometer ke dalam wadah yang berisi air dan es.
Pada mulanya termometer bersentuhan dengan udara sehingga termometer lebih panas dari es. Setelah dimasukkan ke dalam wadah, panjang kolom alkohol atau air raksa akan berkurang karena campuran air dan es lebih dingin. Biarkan hingga panjang kolom alkohol atau air raksa tidak berubah (permukaan atas alkohol atau air raksa tidak bergerak), ini berarti campuran es batu dan air telah berada dalam kesetimbangan termal. Tandai posisi kolom alkohol atau air raksa tersebut (tandai bagian ujung atas kolom air raksa). Ini adalah suhu titik lebur es atau titik beku air. Pastikan angka pada termometer menunjukkan 0o C.

Termometer raksa atau termometer alkohol, biasanya bersifat terbatas. Termometer tersebut tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah (lebih rendah dari 0oC) atau suhu yang sangat tinggi (lebih tinggi dari 100oC).

Acuan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar