Penanganan Limbah Bahan Kimia
1. Cara meminimalisir limbah bahan kimia
Ada
beberapa prinsip sederhana yang dapat
dilakukan dengan tujuan sedapat
mungkin menghindari membuang limbah, atau
setidaknya mengurangi terjadinya limbah
kimia. Prinsip-prinsip yang dapat dilakukan
adalah:
a. Hindari
membeli
bahan kimia dalam jumlah besar
Meskipun membeli dalam jumlah yang lebih besar sering kali lebih murah, namun bahan kimia harus disimpan dan mungkin terjadi perubahan kualitas dan berakhir dengan pembuangan. Membeli tidak lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk 1 sampai 2 tahun ajaran.
Meskipun membeli dalam jumlah yang lebih besar sering kali lebih murah, namun bahan kimia harus disimpan dan mungkin terjadi perubahan kualitas dan berakhir dengan pembuangan. Membeli tidak lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk 1 sampai 2 tahun ajaran.
b. Hindari menggunakan
terlalu banyak
Murid yang belum terbiasa dalam praktikum Kimia sering menggunakan bahan kimia lebih banyak dari yang diperlukannya. Misalnya, ketika membuat tembaga (II) sulfat kristal dari tembaga (II) oksida, mereka akan terus menambah lebih banyak tembaga (II) oksida daripada diperlukan.
Murid yang belum terbiasa dalam praktikum Kimia sering menggunakan bahan kimia lebih banyak dari yang diperlukannya. Misalnya, ketika membuat tembaga (II) sulfat kristal dari tembaga (II) oksida, mereka akan terus menambah lebih banyak tembaga (II) oksida daripada diperlukan.
c. Petunjuk
harus jelas
Petunjuk pada lembar kerja atau buku praktikum harus jelas. Hindari pertanyaan yang tidak jelas misalnya, "menambahkan satu spatula penuh oksida tembaga". Apa ukuran spatula sebenarnya?
Petunjuk pada lembar kerja atau buku praktikum harus jelas. Hindari pertanyaan yang tidak jelas misalnya, "menambahkan satu spatula penuh oksida tembaga". Apa ukuran spatula sebenarnya?
d. Meminimalkan
konsentrasi larutan
e. Membuat
hasil suatu produk satu bereksperimen,
sebagai awal eksperimen
yang lain
Timbal (II) klorida, bromida atau iodida dari reaksi presipitasi dapat disaring, dicuci, dikeringkan dan kemudian digunakan dalam elektrolisis.
Timbal (II) klorida, bromida atau iodida dari reaksi presipitasi dapat disaring, dicuci, dikeringkan dan kemudian digunakan dalam elektrolisis.
f. Mendaur
ulang bahan kimia (recycle)
Kristal tembaga sulfat hasil dari suatu eksperimen, dapat digunakan kembali untuk membuat larutan tembaga sulfat.
Kristal tembaga sulfat hasil dari suatu eksperimen, dapat digunakan kembali untuk membuat larutan tembaga sulfat.
g. Menghindari atau menurunkan kontaminasi
Siapkan
bahan kimia hanya sejumlah
(berat atau volume) yang
dibutuhkan untuk pelajaran, bukan keseluruhan botol.
h. Mengelola
akhir pelajaran
Membersihkan pada akhir pelajaran sering dilakukan terburu-buru. Murid mungkin hanya menuangkan segala macam bahan kimia bersama-sama menjadi 'koktail' kimia yang bisa terus bereaksi dan mengeluarkan asap berbahaya. Gelas bisa menjadi begitu bernoda dan sulit dibersihkan. Menghindari hal tersebut harus dimasukkan dalam perencanaan pelajaran.
Membersihkan pada akhir pelajaran sering dilakukan terburu-buru. Murid mungkin hanya menuangkan segala macam bahan kimia bersama-sama menjadi 'koktail' kimia yang bisa terus bereaksi dan mengeluarkan asap berbahaya. Gelas bisa menjadi begitu bernoda dan sulit dibersihkan. Menghindari hal tersebut harus dimasukkan dalam perencanaan pelajaran.
2. Cara Pengelolaan Limbah
Laboratorium Seaman Mungkin
Tujuan
penanganan limbah adalah untuk mengurangi resiko pemaparan limbah terhadap
kuman yang menimbulkan penyakit (patogen) yang mungkin berada dalam limbah
tersebut. Penanganan limbah antara lain ditentukan oleh sifat limbah, yaitu :
a.
Limbah berbahaya dan beracun, dengan
cara :
·
Netralisasi
Limbah yang bersifat asam
dinetralkan dengan basa seperti kapur tohor, CaO atau Ca(OH)2.
Sebaliknya, limbah yang bersifat basa dinetralkan dengan asam seperti H2SO4
atau HCI.
·
Pengendapan/sedimentasi, koagulasi
dan flokulasi
Kontaminan logam berat dalam cairan
diendapkan dengan tawas/FeC13, Ca(OH)2/CaO karena dapat
mengikat As, Zn, Ni, Mn dan Hg.
·
Reduksi-Oksidasi
Terhadap zat organik toksik dalam
limbah dapat dilakukan reaksi reduksi oksidasi (redoks) sehingga terbentuk zat
yang kurang/tidak toksik.
·
Penukaran ion
Ion logam berat nikel, Ni dapat
diserap oleh kation, sedangkan anion beracun dapat diserap oleh resin anion.
b.
Limbah infeksius
Ada beberapa metode penanganan
limbah cair/padat yang bersifat infeksius, yaitu
·
Metode Desinfeksi
Adalah penanganan limbah (terutama
cair) dengan cara penambahan bahan-bahan kimia yang dapat mematikan atau
membuat kuman-kuman penyakit menjadi tidak aktif.
·
Metode Pengenceran (Dilution)
dengan cara mengencerkan air limbah
sampai mencapai konsentrasi yang cukup rendah, kemudian baru dibuang ke
badan-badan air. Kerugiannya ialah bahan kontaminasi terhadap badan-badan air
masih tetap ada, pengendapan yang terjadi dapat menimbulkan pendangkalan
terhadap badan-badan air seperti selokan, sungai dan sebagainya sehingga dapat
menimbulkan banjir.
·
Metode Proses Biologis
dengan menggunakan bakteri-bakteri
pengurai. Bakteri-bakteri tersebut akan menimbulkan dekomposisi zat-zat organik
yang terdapat dalam limbah.
·
Metode Ditanam (Landfill)
Yaitu
penanganan limbah dengan menimbunnya dalam tanah.
·
Metode Insinerasi (Pembakaran)
Pemusnah limbah dengan cara
memasukkan ke dalam insinerator. Dalam insinerator senyawa kimia karbon yang
ada dibebaskan ke atmosfir sebagai CO2 dan H2O.
Bahan-bahan seperti mineral, logam dan bahan organik lainnya (kuman penyakit,
jaringan tubuh, hewan, darah, bahan kimia, kertas, plastik) yang tidak terbakar
tersisa dalam bentuk abu yang beratnya 10-30% dari berat aslinya (tergantung
dari jenis limbah).
c. Limbah umum
Limbah
umum non infeksius setelah dikumpulkan dalam wadah kantong plastik diikat kuat
dan dibakar di insinerator
3. Pembuangan residu/limbah bahan kimia menurut tingkat
hazard
Gambar
3.1 Diagram Alir Pembuangan Limbah Bahan Kimia
Informasi
tingkat hazard bahan kimia beserta
limbahnya dari
laboratorium
sekolah dan
perguruan tinggi dapat dilihat pada
buku/kartu Hazcard (kartu
'W'). Berikut ini adalah tabel
ringkasan mengenai penjelasan kode dari tipe limbah bahan kimia.
Tabel
3.1 Ringkasan W Hazcards
Kode
|
Tipe
Limbah
|
Metode
Pembuangan
|
W1
|
Kelebihan
dan stok yang tidak diinginkan dari bahan kimia berbahaya (yaitu, yang memiliki eringatan/simbol
bahaya). Tanggal kadaluwarsa pada
bahan kimia tidak
selalu relevan untuk
penggunaan di sekolah.
|
Kumpulkan
untuk dibuang oleh pengangkut limbah terdaftar.
Koleksi mungkin terjadi sekali setiap 5 sampai 10 tahun. |
W2
|
Sejumlah kecil limbah berbahaya (sisa dari
eksperimen, dll) yang tidak boleh dibuang dan tidak dapat di-treatment atau didaur ulang. Semua sekolah harus memiliki wadah terpisah untuk: • termometer rusak dan potongan kecil merkuri dan senyawanya, • limbah hidrokarbon, • timbal dan senyawanya (dan kadmium dan senyawa kadmium). Sekolah yang lebih besar mungkin perlu wadah tambahan untuk: • organohalogens, • residu perak. |
Kumpulkan untuk dibuang oleh pengangkut
limbah terdaftar. Beberapa mungkin dibuang dalam jumlah besar bersama-sama. Wadah ini harus
dibuang setiap tahun. Manajemen sekolah sudah harus mengatur pembuangan limbah berbahaya
lainnya seperti lampu
neon dan monitor
komputer.
|
W3
|
Sejumlah kecil limbah yang dapat didaur ulang dengan sedikit usaha atau digunakan
kembali.
|
Recycle (rincian dapat
diberikan pada
Hazcard).
|
W4
|
Sejumlah kecil limbah yang
bereaksi dengan alkali.
|
Tambahkan perlahan ke
1 mol dm-3 larutan natrium karbonat. Mungkin
terjadi panas. Larutan yang dihasilkan harus
diuji alkalinitas dengan indikator asam/basa dan, ketika sudah bersifat alkali, dituangkan ke bak air untuk pengenceran lebih lanjut. |
W5
|
Sejumlah kecil limbah yang
bereaksi dengan asam.
|
Tambahkan perlahan ke
1 mol dm-3 larutan asam etanoat. Mungkin terjadi panas. Larutan yang dihasilkan harus diuji keasaman dengan larutan litmus dan, ketika
sudah bersifat asam, dituangkan ke bak
air untuk pengenceran lebih lanjut.
|
W6
|
Sejumlah kecil limbah yang mudah menguap.
|
Membakar, menguapkan atau melepaskan uap material (sebaiknya) dalam lemari asam yang menyala atau di
tempat terbuka yang
aman untuk melakukannya.
|
W7
|
Sejumlah kecil limbah berbahaya yang mungkin
dibuang melalui sistem drainase |
Encerkan dengan air sampai
di bawah
konsentrasi yang diberikan di bagian kanan kolom tabel Hazcard W. |
W8
|
Limbah padat rendah bahaya dan jumlah kecil
limbah berbahaya yang dapat dibuang melalui pembuangan sampah normal. |
Padatan rendah
bahaya dapat dibuang di
tempat sampah normal. Ini juga
dapat dilakukan dengan bahan kimia dengan peringatan bahaya jika
mereka pada konsentrasi di bawah tingkat yang ditetapkan pada tabel di
Hazcard W NAMUN HANYA JIKA TELAH
TERJADI PENGENCERAN SELAMA KEGIATAN
PRAKTIKUM (tidak boleh sengaja mengencerkan untuk tujuan pembuangan).
|
WSpec
|
Zat dengan persyaratan
pembuangan khusus.
|
Metode pembuangan akan dijelaskan pada Hazcard.
|
Acuan:
CLEAPPS Laboratory Handbook, dan sumber lainnya.
Trimakasih.Informasi sangat bermanfaat sekali...apa boleh minta email atau no.wa?karena banyak hal yang ingin saya tanyakan terkait laboratorium.
BalasHapus