Kamis, 15 Oktober 2015

Penggunaan dan Kalibrasi Stopwatch Digital



Penggunaan dan Kalibrasi Stopwatch Digital

Stopwatch adalah suatu alat ukur yang dugunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan yang memiliki ketelitian sampai tingkat detik. Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layar/monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran. Waktu hasil pengukuran dapat kita baca hingga satuan detik.

1. Cara Kerja Stopwatch Digital
Cara kerja stopwatch digital dimulai saat tombol dalam keadaan ON arus dari sumber energy (batere) akan mengalir ke komponen-komponen elektronik dalam stopwatch digital. Komponen-komponen elektronik tersebut yang melakukan perhitungan waktu dan menampilkannya dalam monitor dalam bentuk angka digital. Pembacaan hasil pengukuran pada stopwatch digital tidak terlihat turus-turus angka seperti stopwatch analog. Kita hanya melihat angka yang muncul dari layar/monitor yang telah menunjukkan angka pengukuran baik jam, menit, sampai detik.

Gambar 1. Stopwatch Digital Gujie DS-2009A

Adapun bagian-bagian dan fungsi dari stopwatch digital adalah sebagai berikut :
  • Layar/monitor sebagai media penampilan pembacaan atau hasil pengukuran secara elektrik berupa angka-angka.

  • Tombol start/stop untuk memulai pengukuran (tombol start) dan untuk mengakhiri pengukuran (tombol stop).

  • Tombol kalibrasi/reset sebagai tombol untuk mengkalibrasi ke angka nol.


2. Kalibrasi Stopwatch Digital
Untuk kalibrasi, pada stopwatch digital kita hanya perlu menekan tombol kalibrasi/reset maka angka memperlihatkan ke angka nol. Stopwatch digital memiliki ketelitian alat telah ditentukan sejak perakitan komponen-komponen dalam stopwatch yaitu sebesar 0,01 sekon.




Acuan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar